Jam Tangan Automatic Adalah Tanpa Baterei , Dan Begini Cara Kerjanya

Featured

Jam tangan automatic adalah suatu arloji atau jam dengan model display jenis analog, dengan rangkaian mesin yang berkerja secara mekanikal, hingga menimbulkan berjalannya jarum jam secara otomatis (tanpa baterai). Sistem jam mekanikal inilah yang menjadi konsep pertama kalinya pada sejarah jam tangan didunia. Anda perlu menginggat jika ngaku watchlovers sejati.

Jam tangan otomatis paling terkenal mahal berasal dari perusahaan asal Swiss. Namun dalam urusan penjualan secara global sudah kalah dengan jam tangan quartz (sumber daya: baterai). Hal tersebut karena faktor harga bandrol sangat fantastis, hanya orang tertentu yang sanggup koleksi jam antik ini. Daftar harga jam tangan automatic selalu lebih mahal, entah dengan merk baru ataupun yang sudah senior, terlebih jika berlabelkan branded, so pasti harganya puluhan juta hingga ratusan juta rupiah.

Jam tangan automatic adalah tanpa baterei , dan begini cara kerjanya

Harga jam tangan automatic mahal memang patut disandang. Karena dari segi mahalnya barang bisa dinilai dari sejarahnya, sebagai jam tipe mesin tertua. Kemudian harga mahal sebanding dengan keterampilan watchmaker, rangkaian komponen mesin kecil-kecil yang cukup rumit dan susun sedemikian rupa yang saling bekerja sama antara komponen mesin jam jenis ini, yang akhirnya menimbulkan gerakan gear-gear kecil. Dan ditambah proses pembuatan mesin ini membutuhkan waktu lama hingga tercipta detail mesin jam yang indah untuk dinikmati.

Lalu bagaimana cara kerja jam automatic itu?. Cara kerja jam automatic ada beberapa macam. Dari sini sudah membuktikan bahwa jam tipe otomatis ini ada beberapa jenis yang harus watchlovers ketahui. Anda mau tahu??

Jam tangan automatic adalah tanpa baterei , dan begini cara kerjanya

1. Automatic Winding

Jika kita punya jam tangan automatic winding kita hanya perlu menggunakannya setiap hari agar roter terus berkerja (memutar). Hasil putaran roter akan membuat per atau springbar menjadi kencang dan punya daya pegas. Kencannya spring bar atau per dalam masa tertentu akan mengendur atau pegas berkurang, tergantung kemampuan per tersebut menyimpan pegasnya. Ada per yang bisa menahan daya pegas selama 10 hari, 40 jam dan 30 jam. Kendurnya per akan membuat energi pegas yang akan mengerakkan gear-gear kecil.

Dalam jam mekanik jenis ini terapat garbu (pallet fork) yang berkerja naik turun berbentuk dua mata yang akan mengeram escape weel secara bergantian Hingga menjadi gerakan jarum yang patah-patah. Sedangkan Geraknya garpu disebabkan energi pegas dari ayunan dua arah oleh roda penyeimbang (balance weel). Sehingga putaran escape weel akan patah-patah (beat per second) disebabkan gerakan garbu yang naik turun tadi.

Gerakan pallet fork dikontrol oleh balance spring, kemudian pada balance spring terdapat sebuah jawels yang bertugas sebagai jantung pallet fork tadi. Balance spring dapat diregulasikan secara manual oleh teknisi jam, alhasil ada bukti ketepatan waktu yang baik.

Low dan Hight Beat

Beat per second atau gerakan jarum jam yang patah-patah ada beberapa jenis, diantaranya low beat dan hight beat. Pada jenis low beat 18,000-12,000 bph. Sedangkan hight beat 28,000 bph. Semakin tinggi beat persecond maka jarum jam semakin terlihat memutar tanpa patah. Dua jenis beat persecond ini mempunyai plus dan minusnya. Jika hight beat bisa dipastikan akan cepat aus gear-gearnya karena memaksakan komponen berputar secara cepat, namun lebih bagus tingkat keakuraskannya. Sedangkan low beat akan memberikan keakurasian kurang baik.

2. Manual Winding

Cara kerja jam tangan automatic hand winding atau manual winding pada dasarnya terletak pada mekanisme komponen yang disebabkan putaran crown pengguna hingga menimbulkam kencannya per dalam main spring. Artinya jika per dalam mainspring kendur kita perlu mutar-mutar crown sampai crown tidak bisa diputar lagi. Biasanya pada jam tipe ini akan ada penunjuk power reservenya.

Perbedaan jam automatic self winding dan hand winding hanya terletak pada sumber energinya. Telah kita tahu, jika jam automatic self winding mendapatkan energi dari putaran roter yang disebabkan oleh goyangan dari pengguna jam. Sedangkan jam automatic hand winding sumber energi dari daya pegas (main spring) atau per didalam mainspring akan kencang karena crown yang telah diputar-putar.

3. Winding Kombinasi Manual

Pada jam automatic jenis ini ada dua jenis mekanik yang bisa dipergunakan sesuai kebutuhan. Jika ingin rasakan nikmatnya memutar crown maka pengguna cukup memutarnya untuk mengisi daya, atau sedang lagi malas cukup mengoyang2kan jam agar rotor berputar.

Demikianlah penjelasan seputar jam automatic atau otomatis yang pada dasarnya jam tangan automatic adalah tanpa baterai , soal bagaimana cara kerjanya sudah admin jelaskan sesuai dengan tipe masing-masing.

Jika kita punya jam automatic anda harus banyak cari tahu tentang tips menggunakan jam tangan automatic. Anda bisa bertanya dari orang yang lebih perpenggalan. Jangan otak atik sendiri jika baru beli jam tersebut karena jika salah penanganan akan terjadi kerusakan komponen. Bila sudah rusak solusinya harus ke tukang service, dan hal ini akan membuat anda mengeluarkan biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *